Sholat Tiang Agama

Gimana keadaan sholatmu saat ini? Udah rapi rukun dan syaratnya sholat? Udah tenang baca bacaan sholat dan surat-suratnya? Udah tenang gerakan sholatnya? Ngga grusa-grusu? Udah berusaha sholat pada waktunya? Selamat! Jika sholatmu sudah baik maka baik pula lahir batinmu. Makna dari sholat itu sendiri sangat banyak. Sudah ditafsirkan dari banyak pelaku khusyuk. Saya pun punya cara untuk memaknai keindahan salah satu perintah wajib Allah tersebut. Waktu SD saya dijelaskan materi pelajaran agama islam, “Shalat itu tiang agama” oleh Pak Yadi yang juga ayah dari kawan SMP saya. Saya inget banget tulisan tersebut ditulis di papan tulis hitam menggunakan kapur putih. Saya sempat bingung dan agak bertanya-tanya dalam hati. “Maksute tiang agama itu piye to? Tiang kan ga bisa sholat”. Lugu dan cupu khas anak kelas 6 SD.
Sekarang pertanyaan itu terpecahkan setelah lumayan bisa ngencengke sholat saya yang dulunya sangat parah. Dulu yang pura-pura sholat, dulu yang males-malesan sholat, dulu yang mepet-mepetin waktu sholat. Jujur aja sih sekarang pun belum konsisten-konsisten amat. Hadeeeeh..
Jadi, apa makna sholat menurut persepsi saya? Jika gerakan, bacaan, tata cara dan rukun sholat sudah benar, sabar dan tuma’ninah. Konsisten dilakukan pada tiap waktu sholat (baik wajib atau sunnah), secara otomatis akan berpengaruh pada cara berpikir dan cara bersikap kita. Hati akan dituntun setiap saat, dimudahkan membaca petunjukNya, dikuatkan menghadapi cobaan yang ada, diingatkan untuk selalu kembali padaNya, dikonsistenkan pada kebaikan yang tak pernah habis dilimpahkanNya pada kita. Maha Benar Allah

Tinggalkan Balasan

